Sabtu, 31 Maret 2012

Hemat Energi

Emma Muthmainnah
26209081
3EB13

Hemat Energi

Kalau mengira hemat energy itu harus ribet dan banyak yang harus dilakukan, coba deh piker lagi. Banyak kok cara mudah dan sederhana yang dapat kita lakukan sehari-hari.
Simak yah langkah sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghemat penggunaan energi dirumah.
  • Biasakan bersihkan saringan udara yang terdapat di berbagai perlengkapan rumah tangga, seperti AC dan vacum cleaner, setiap dua atau tiga bulan sekali. Saluran udara yang kotor akan semakin meningkatkan penggunaan energy selama perlengkapan tersebut dinyalakan.
  • Pastikan setiap kali kita menutup kulkas, pintunya tertutup rapat. Pintu kulkas yang terbuka akan semakin menyerap penggunaan energy karena kulkas perlu energy lebih banyak untuk bisa tetap bekerja.
  • Ketika akan menggunakan mesin cuci, pastikan kapasitas tabung yang digunakan sudah penuh baru kita mulai mencuci. Tabung yang berisi sedikit baju memerlukan energy yang sama dengan tabung yang penuh. Untuk enjemur, gunakan juga jemuran tradisional daripada fitur pengering di mesin cuci karena jauh lebih hemat energi.
  • Cabut selalu colokan-colokan yang sedang tidak kita gunakan, termasuk juga charger ponsel. Membiarkan kabel masih dalam keadaan terpasang., tetap menghabiskan energy. Supaya mempermudah, kita bisa bisa menggunakan colokan dengan ombol berwarna yang tinggal dipencet untuk menghentikan aliran energy listrik ke kabel.
  • Pastikan kita menggunakan fitur sleep mode atau hibernate pada perangkat computer. Jadi, ketika sedang tidak digunakan, tidak ada energy listrik yang terbuang sia-sia. Kita bisa menghemat energy hingga 15 persen dengan melakukan hal ini.
  • Mengganti semua bola lampu biasa dengan lampu CFL yang hemat energy dari bohlam tradisional dan bertahan samapai 10 kali lebih lama.
  • Jangan lupa menggunakan tutup panci ketika kita sedang merebus masakan. Tutup panci sangat membantu terbuangnya banyak energy panas secara sia-sia.

Conclusion : Many ways we can do to save energy, it is so easy. We can do all of the above ways, such as turn off the lights or electrical appliances when not in use anymore. We should preserve nature !

Sumber : Koran Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar