Senin, 07 Mei 2012

Akibat Tidak Tidur Malam


Emma Muthmainnah
26209081
3EB13

Akibat Tidak Tidur Malam

Bekerja pada malam hari membuat waktu tidur orang berkebalikan dengan banyak orang. Mereka yang menjalankan pola sistem shift biasanya memiliki durasi istirahat total yang sedikit, di waktu yang salah pula. Kebiasaan ini disinyalir dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes dan obesitas.
Untuk membuktikan keterkaitan dugaan tersebut, peneliti dari Brigham and Women’s Hospital di Amerika Serikat mencermati 21 responden. Pola hidup mereka dibuat terjadwal. Waktu makan dan tidurnya diatur sedemikian rupa. Setelah dilakukan pengubahan jam tidur menjadi normal pada responden dengan jam tidur yang berantakan tampak ada satu perubahan. Mereka terlihat mampu mengontrol kadar gula darahnya.
Sebaliknya, beberapa partisipan yang tidurnya tidak normal memperlihatkan perkembangan ke arah negative. Mereka mengalami gejala awal diabetes hanya dalam waktu satu pekan. Riset tersebut dilansir bbc.co.uk dari Science Translational Medicine. “Kesimpulan yang bisa kami tarik, tidur yang cukup di malam hari akan memberikan efek yang sangat baik untuk mencegah diabetes dan yang sangat baik untuk mencegah diabetes dan obesitas, “papar kepala peneliti dr Orfeu Buxton.
Mengingat pendekatan risetnya tidak persis sama dengan kondisi nyata masyarakat secara umum, penelitian ini tidak bisa dianggap sebagai representasi status kesehatan pekerja sistem shift. “Namun, temuan dari studi ini dapat menjadialarm bagi mereka dengan kondisi  pre diabetes agar jangan sampai terkena diabetes karena aktivitas utamanya berlangsung di malam hari”, komentar dr Matthew Hobbs selaku kepala Riset Diabetes Inggris.
Kenyataannya, pekerja malam kerap memiliki kesulitan tidur begitu pulang kantor. Mereka pun mengalami kekacauan jam tubuh, “Terlebih,, mereka memulai waktu kerjanya saat tubuh tidak cukup tidur di siang hari”, tambah Hobbs.

Conclusion :
Due to not sleep the night may increase the risk of diabetes and obesity.

Sumber :
Koran Republika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar